Tutorial Pemrograman Materi Algoritma

 

Yang Pertama Belajar Algoritma

Di sinilah algoritma sangat berperan karena seorang programmer pemula sebaiknya jangan langsung menyapa dunia (“hello world”) apalagi langsung di Java. Belajarlah instruksi tentang bagaimana program tersebut berjalan nantinya. Kita dapat menganalisis dan memeriksa apabila menemui kesulitan pada logika program sehingga bisa menyelesaikan sendiri, bukan malah ditinggal pergi hehe.

Contohnya saja tentang perhitungan:

  1. Start
  2. Input a dan b
  3. Proses a+b
  4. Output c
  5. Selesai

Proses algoritma juga dapat ditemui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti memasak mie instan dimulai dari menyiapkan bahan hingga mie siap disajikan.

Tuliskan Code Sesuai Algoritma

Setelah banyak algoritma yang kalian buat di kertas, maka ubah algoritma tersebut ke bahasa pemograman. Sehingga nanti kelihatan, algoritma sebelah mana yang tidak jalan atau logika mana yang tidak nyambung di algoritma yang kalian buat.

Nah setelah jadi, lalu testing deh.. biasanya kalo masih pemula errornya sekedar syntax, akan tetapi jika sudah membuat aplikasi erronya berupa logika. 

Coba Dengan Algoritma Lain

Jika sudah menggunakan algoritma satu dan berhasil, mulailah belajar algoritma lain dan lakukan perbandingan, mana yang lebih efektif untuk program tersebut. Sifat manusia wajar cepat puas, biasanya setelah belajar algoritma dan berhasil mempraktikannya maka ia akan malas untuk menggali lebih dalam dan senang menetap di materi yang pertama.

Bagi programmer pemula harus banyak belajar akan algoritma dan langsung uji coba, agar ketika bertemu masalah baru bisa menyelesaikannya dengan mudah.

Berikut adalah contoh flowchart program untuk menghitung sebuah luas segitiga, yang diketahui bahwa nilai ALAS = 10 dan nilai TINGGI = 8.

Pada flowchart ini, tujuanya untuk mendapatkan nilai awal dari ALAS dan TINGGI menggunakan kotak proses, karena nilai dari ALAS dan TINGGI telah ditentukan sebelumnya.

Program dimulai

Tentukan nilai phi dan r

Hitung L = Alas 10 x Tinggi 8

Cetak Hasil L

Program Selesai

Mari mencoba memakai php

<html>

<head>

<title>luas jajargenjang</title>

</head>

<body>

Luas jajar genjang<br>

<?php

$alas=10;

$tinggi=8;

$luas=($alas*$tinggi);

print("luas=$luas")

 ?>


</body>

</html>


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH FLOWCHART UNTUK STRUKTUR DATA STACK

Currikulum Vitae